Data ini adalah berdasarkan olahan Kompartemen Diklat-Litbang-Informasi Ikapi. Sangat disadari bahwa data ini masih jauh dari sempurna karena belum mengungkap semua aspek. Tetapi di tengah-tengah kehampaan data sama sekali, data sederhana ini layak diperkenalkan karena, bagaimanapun, sudah bisa memberikan gambaran awal mengenai kondisi industri buku Indonesia. Berbagai pihak, dalam maupun luar negeri, mungkin terpandu dengan ini hingga batas-batas tertentu.

Ikapi sedang membuat rencana penghimpunan data yang lebih lengkap dan detail, meliputi, antara lain, omset tahunan penjualan buku Indonesia, kelompok pembaca, produktivitas penulis, dan lain-lain. Hasil finalnya direncanakan keluar pada saat Indonesia International Book Fair 2015 September mendatang.

INDONESIA DALAM ANGKA

Luas

1.910.931 km2

Populasi

244,2 juta

2012

Pertumbuhan Populasi

1,31%

2012

Angka Melek Huruf

93,4%

2012

Pengguna Internet

71,19 juta

2012

Produk Domestik Bruto

$878 miliar

2012

PDB per Kapita

$3.556,79

2012

Pertumbuhan Ekonomi

6,2%

2012

Angka Inflasi

4,3%

2012

Angka Pengangguran

6,1%

2012

Informasi tentang Penerbitan Buku di Indonesia
Kini ada 1.317 penerbit terdaftar sebagai anggota Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi). Di antara penerbit itu, 94% tercatat sebagai penerbit aktif. Keseluruhan penerbit adalah penerbit swasta dan hanya satu penerbit yang tercatat sebagai badan usaha milik negara (BUMN) yaitu Balai Pustaka. Selain itu, sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia juga menjalankan aktivitas penerbitan (university press) sebagai unit pelaksana teknis atau juga unit bisnis.

Penerbit aktif terpusat di 24 provinsi dari 33 provinsi di Indonesia. Sekitar 1.182 penerbit berada di Pulau Jawa. Artinya, sekitar 90% penerbit terkonsentrasi di Pulau Jawa, terutama DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Para penerbit banyak berkiprah dalam penerbitan buku teks/pelajaran, buku anak, buku religi (Islam), buku fiksi, dan kategori sastra.

Pasar penerbitan buku di Indonesia tumbuh sebanyak 6% (per tahun) antara tahun 2007-2012. Pertumbuhan ini dipengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia, perkembangan pesat kelas menengah, dan meningkatnya kesadaran akan pendidikan. Ada korelasi antara peningkatan angka PDB dan naiknya belanja buku rumah tangga secara signifikan.

Produksi Buku
Kira-kira, ada lebih dari 30.000 judul buku yang diterbitkan setiap tahun di Indonesia. Angka ini hanya menggambarkan judul yang terdaftar dalam catatan resmi toko buku dan juga pengajuan ISBN di Perpusnas, dan tidak termasuk buku yang diterbitkan oleh individu (self publisher) atau organisasi non-penerbit seperti instansi pemerintah, organisasi non-pemerintah, komunitas independen, partai politik, dan asosiasi profesi.
Buku anak-anak, agama (Islam), edukasi, fiksi, dan sastra adalah kategori utama dari judul buku yang diterbitkan di Indonesia.

Penjualan Buku
Ada 33.199.557 eksemplar buku terjual di Indonesia sepanjang 2013 (data TB Gramedia).
Berdasarkan kontribusi terhadap angka penjualan, kategori berikut menyumbang angka penjualan terbesar di Indonesia:

Anak

23%

Fiksi dan Sastra

13%

Agama

13%

Pendidikan (Pelajaran)

13%

Referensi dan Kamus

9%

Lain-lain

31%

Kategori lain yang memberi kontribusi signifikan terhadap angka penjualan (2%-5%) adalah kategori bisnis dan ekonomi, komputer dan internet, pengembangan diri (motivasi), Ilmu Sosial, Masakan, dan Pertanian (Profesi/Hobi).

Ekspor Impor
Ekspor buku dari Indonesia tumbuh 19% per tahun sepanjang 2007-2012. Tujuan ekspor buku terbesar adalah Pakistan, Singapura, Inggris, Nigeria, dan Hong Kong.
Indonesia banyak mengimpor buku, terutama dari Belanda, Singapura, Hong Kong, Amerika, dan Finlandia.

Kanal Distribusi
Ada 150 perusahaan yang menyuplai buku ke toko-toko buku maupun toko alternatif. Beberapa penerbit besar memiliki perusahaan distribusi sendiri dan kadangkala melayani penerbit-penerbit kecil untuk menyalurkan buku mereka.

Internet dan Prospek Buku Digital
Pertumbuhan signifikan dari pengguna internet di Indonesia menciptakan prospek penjualan buku digital di Indonesia. Beberapa penerbit besar di Indonesia telah menerbitkan buku-buku mereka dalam format buku digital atau format digital lainnya. Hal ini menunjukkan munculnya kebutuhan akan buku-buku digital di Indonesia dan juga mendorong munculnya berbagai toko buku digital. Meskipun bertumbuh, penjualan eBook masih kurang dari 2% pada pasar buku lokal.

Ada perusahaan pengembang buku digital yang mengembangkan format sendiri, lalu bekerja sama dengan beberapa penerbit. Sejumlah toko buku digital lainnya menggunakan platform PDF dan ePub3. Beberapa toko buku digital yang kini mulai berkiprah di Indonesia, di antaranya Qbaca (Telkom), Bukuon (Indosat IM2), Wayang Force, Scoop, Aksara Maya (Moco), Bookmate Indonesia (Indosat), eRosda (Rosdakarya), Gramediana (Gramedia), Lumos (Mizan), UI Press, IPB Press, Penerbit ITB, Unair Press, dan Unsri Press.

Perlindungan Hak Cipta
Berne Convention, 1948 (Revisi di Paris)
Undang-Undang Hak Cipta No. 19 Tahun 2002
WTO Agreement, The Marrakesh Agreement Establishing the World Trade Organization
WCT, WIPO Copyright Treaty

Borobudur Agency
Untuk memfasilitasi penjualan lisensi hak cipta terjemahan, Ikapi membentuk Borobudur Agency. Agensi ini dimaksudkan untuk memberikan layanan satu atap promosi dan penjualan hak cipta terjemahan dari Indonesia. Lembaga ini telah berkiprah sejak 2013 di Frankfurt Book Fair. Banyak penerbit di Indonesia yang telah berpartisipasi menggunakan layanan ini. Untuk pertanyaan terkait penjualan lisensi (hak cipta) terjemahan, silakan hubungi Nung Antasana di Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..”>nung@borobuduragency.com.

Pameran buku
Indonesia International Book Fair (IIBF) adalah perhelatan pameran buku tahunan terbesar di Indonesia yang resmi diselenggarakan Ikapi. Banyak penerbit, baik lokal maupun internasional, berpartisipasi pada pameran ini. Indonesia International Book Fair (IIBF) 2015 berlangsung tanggal 2-6 September 2015. Selain itu, di tingkat daerah, ada 1 sampai 4 kali penyelenggaraan pameran buku tahunan yang diselenggarakan Ikapi daerah. Sebagai contoh, di Jakarta, ada tiga pameran buku tahunan, yaitu Islamic Book Fair, Jakarta Book Fair, dan Indonesia International Book Fair (IIBF). Berikut ini beberapa kota yang juga menyelenggarakan pameran buku secara rutin:
Bandung (4 pameran buku per tahun);
Yogyakarta (2 pameran buku per tahun)
Solo, Surabaya, Banjarmasin, Banjarbaru, Medan, Padang, Aceh (1 pameran buku tahunan)

Selain diselenggarakan Ikapi, pameran buku di daerah juga banyak diselenggarakan oleh event organizer lokal, termasuk juga perguruan tinggi.

Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015
Indonesia menjadi tamu kehormatan pada Frakfurter Buchmesse (Frankfurt Book Fair) tahun 2015.

Kontak Asosiasi
Ikatan Penerbit Indonesia

Jalan Kalipasir, No. 32, Cikini
Jakarta 10330
INDONESIA

Telepon +62 21 3151907
Faksimile +62 21 3146050
Posel sekretariat@ikapi.com
Situs www.ikapi.org