Akademi Literasi dan Penerbitan Indonesia (Alinea) adalah buah dari gagasan pengurus pusat Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi).  Adalah Bambang Trimansyah sebagai Ketua Kompartemen Diklat-Litbang-Informasi di Ikapi periode 2010-2015 yang ditugaskan menyusun konsep lembaga kursus bidang penulisan dan penerbitan. Konsep ini kemudian disetujui Ketua Umum Ikapi masa itu, Lucya Andam Dewi yaitu membentuk Alinea.

Alinea Ikapi diluncurkan pada 19 November 2012 di Istora Senayan bertepatan dengan penyelenggaraan Indonesia Book Fair 2012. Bersamaan dengan momentum itu, diterbitkanlah Direktori Kursus 2013 yang memuat rencana kursus selama setahun. Alinea Ikapi mulai berkiprah membuka kursus pada tahun 2013, di antaranya kursus penulisan buku nonfiksi, kursus penyuntingan (editing), dan kursus penulisan novel.

Dalam kepengurusan Ikapi 2015-2020, Alinea ditetapkan menjadi entitas diklat Ikapi. Bambang Trimansyah ditunjuk sebagai direktur yang mengelola Alinea sebagai lembaga penyelenggara kursus profesional di bidang penulisan dan penerbitan.

Kursus Alinea terbuka untuk anggota Ikapi dan masyarakat umum. Kursus secara reguler dilaksanakan di Gedung Ikapi, Jalan Kalipasir No. 32, Cikini, Jakarta Pusat. Setiap bulan dirancang penyelenggaraan satu sampai dua kursus selama dua hari.