Indonesia akan menjadi Negara Tamu dalam perhelatan Kuala Lumpur International Book Fair (KLIBF) 2018. KLIBF akan diselenggarakan di Putra World Trade Center tanggal 27 April-6 Mei 2018. KLIBF merupakan pameran buku dengan konsep Business to Business (B2B) dan Business to Customer (B2C). Dengan skala pameran yang cukup besar, terdiri dari 800 stan dan jumlah pengunjung mencapai lebih dari 2 juta pengunjung.

Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) yang mengkoordinir kehadiran Indonesia sebagai Negara Tamu di KLIBF telah menyeleksi buku-buku terbaik dan memiliki potensi nilai jual untuk pasar Malaysia yang diajukan oleh para penerbit dan penulis.

“Terdapat 1010 judul buku dengan volume sebanyak 10,838 eksemplar buku yang akan ditampilkan di Paviliun Indonesia di KLIBF 2018,” ungkap Rosidayati Rozalina, Ketua Umum Ikapi. Ia menambahkan, buku yang ditampilkan dari berbagai genre: anak, sastra, komik, islami, keterampilan, pengetahuan umum, dll. Berasal dari berbagai penerbit, antara lain Asma Nadia Publishing, Republika, Dar Mizan, Bentang Pustaka, Mizan Publishing, Noura Book, CAB, Pelangi Mizan, Zikrul Hakim, Bestari, Zettaminds Studio, Yayasan Pustaka Obor Indonesia, Wahana Inspirasi Nusantara, Tazkia Publishing, Rosdakarya, Prasetiya Mulya, Inari, Haru, Zettu, Skylar Books, Sinar Kejora, Rak Buku, Penebar Swadaya, Penebar Plus, PACI, Lafazh Kids, JB Publisher, Cerdas Interaktif, Bypass, Bee Media, Aksara Plus, Maghfirah Pustaka, Nakhlah Pustaka, Pustaka Mina, Papas Sinar Sinanti, Kesaint Blanc, Indie Book Corner, Gre Publishing, Gramata, Pustaka Al Kautsar, Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, Bhuana Ilmu Populer, Grasindo, Kepustakaan Populer Gramedia dan M & C.

Husni Syawie, Ketua Panitia Kehadiran Indonesia sebagai Negara Tamu KLIBF 2018, mengatakan, jumlah buku ini akan bertambah karena sejumlah penerbit dan penulis juga akan membawa buku secara langsung (hand carry) untuk ikut serta ditampilkan di Paviliun Indonesia. Ikapi memang membuka kesempatan bagi penerbit atau penulis yang akan membawa secara langsung buku-bukunya untuk ditampilkan di Paviliun Indonesia.
Penerbit dan penulis bisa menginformasikan data buku kepada panitia untuk diseleksi dan didaftarkan dalam POS penjualan. Data buku terdiri dari komponen judul buku, nama penulis, nama penerbit, ISBN, harga dan kuantiti.

Informasi mengenai hal ini bisa menghubungi sekretariat Ikapi (021) 314 1907 atau Dian Andiani (0812 86494677).