Siaran Pers

08/SP/IKAPI-KLIBF/IV/2018

Penyair Sapardi Djoko Darmono Meriahkan KLIBF 2018

 

Kuala Lumpur—Penyair kenamaan Indonesia Sapardi Djoko Darmono hadir di ajang Pesta Buku Antarbangsa Kuala Lumpur (Kuala Lumpur International Book Fair 2018) yang berlangsung di Putra World Trade Center (PWTC), Sabtu 28 April 2018.  Sapardi yang juga dikenal sebagai guru besar sastra Universitas Indonesia ini hadir mengisi acara di Panggung Utama KLIBF.

 

Tak pelak, kehadiran Sapardi mendapat sambutan luas dari publik Malaysia dan Indonesia yang hadir di KLIBF. Selain bincang-bincang, pembacaan puisi dan tanya jawab diikuti dengan sesi tanda tangan dan foto bersama. Acara pun berlanjut di Paviliun Indonesia untuk bincang lebih dalam dengan Pak Sapardi. Dalam acara tersebut, Sapardi mengupas berbagai hal di antaranya potensi sastra Indonesia di Pasar Malaysia dan perkembangan sastra Indonesia ketika mendapatkan kesempatan go-international. Sapardi menjawab pertanyaan audiens tentang karya sastra yang bagus. Beliau menjawab, “Karya sastra yang baik akan dibaca oleh banyak orang dan dalam berbagai bahasa, dan bukan hanya dibaca pada zaman ketika buku itu ditulis.” Ia menambahkan, sastra yang bagus adalah yang bisa dibaca oleh siapapun dan di masa kapanpun.

Menurut dosen senior di Institut Kesenian Jakarta ini, sastra yang bagus adalah sastra yang setiap kali dibaca akan memberikan makna yang berbeda-beda.” Untuk itu, ia menganjurkan bagi penulis maupun pembaca buku untuk membaca buku sebanyak-banyaknya karena itulah salah satu sumber kekayaan.

 

KLIBF berlangsung sejak tanggal 27 April sampai 6 Mei 2018 di Putra World Trade Center. Tahun ini Indonesia hadir sebagai negara tamu bersama dengan Arab Saudi dan Kedah. Kehadiran ini didukung sepenuhnya oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur. KLIBF juga diisi dengan Kuala Lumpur Trade and Copyright Center (KLTCC), Konferensi Penulis dan Malaysia’s Digital Lifestyle  Exhibition.*